Minggu, 20 Oktober 2013

Bahasa sebagai jati diri dan sebagai alat pencari Kerja

BAHASA



Pengertian Bahasa

Apa itu bahasa ? Bahasa merupakan alat komunikasi yang efektif antar manusia. Mengapa? Karena dalam berbagai macam situasi bahasa dapat dimanfaatkan. Kemampuan berbahasa merupakan karunia dari Tuhan. Kita tidak dapat membayangkan bagaimana keadaan manusia bila tidak ada bahasa yang berperan sebagai alat komunikasi. Kebudayaan dan peradaban tentunya tidak akan dapat berkembang dengan baik bila tidak ada bahasa. Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi, memiliki tujuan agar pemikiran atau ide kita bisa tersalurkan ke oranglain.

Bahasa terdiri  dari 3 jenis : Bahasa tubuh, bahasa lisan dan bahasa tertulis.
1.      Bahasa tubuh adalah komunikasi yang digunakan tanpa kata-kata. Komunikasi dengan bahasa tubuh bisa disampaikan dengan Isyarat, ekpresi wajah dan juga pandangan mata.
Contoh :     Seseorang mengeluarkan air mata berarti menandakan bahwa seseorang tersebut sedang menangis
2.      Bahasa Lisan adalah Bahasa yang digunakan dengan kata-kata. Komunikasi dengan bahasa lisan disampaikan menggunakan suara / bunyi yang tersampaikan melalui kata-kata.
3.      Bahasa Tulisan adalah bahasa yang digunakan dengan kata-kata tetapi dengan tertulis. Berarti komunikasi dilakukan menggunakan media lain, seperti kertas (surat.koran,majalah dll) dan juga teknologi seperti SMS, EMAIL, WHATS APP dan Media Sosial atau jejaring Sosial.

Bayangkan jika kita hidup tanpa bahasa ? pemikiran tidak bisa tersalurkan, emosi tidak bisa diekspresikan dan pendapat juga tidak bisa dinyatakan. Maka dari itu bahasa sangat penting buat manusia , khusus nya mahluk Sosial.



BAHASA SEBAGAI JATI DIRI



Cara berkomunikasi seseorang mengggunakan bahasa menggambarkan jati diri orang tersebut. Orang yang menggunakan bahasa yang baik tentu saja lebih memiliki kepribadian yang lebih baik. Cenderungnya orang yang selalu berkata Positif dalam hidupnya lebih memiliki kehidupan yang lebih baik disbanding dengan mereka yang kehidupannya sering mengeluarkan bahasa yang negative. Contohnya orang yang sering mengeluarkan kata-kata kasar tentu saja orang tersebut memiliki kepribadian yang tidak baik / kepribadian yang kasar. Contoh lain , Sebagai Presiden yang memimpin bangsa ini harus memiliki bahasa yang baik, bayangkan jika Presiden kita berpidato dengan kata-kata kasar , apakah cocok dengan kepribadian pemimpinannya sebagai WAKIL RAKYAT ? tidak cocok bukan ?. Salah satu pemimpin yang baik adalah mempunyai tutur bahasa yang baik juga.

Jadi jika ingin menajdi orang yang baik dan lebih baik lagi, diperlukan juga pengembangan bahasa yang ramah, rapid an sopan. Bahasa juga sebagai jati diri dalam budaya, apalagi di Negara kita yang berbagai jenis budaya dan tentunya setiap budaya memiliki bahasa sendiri.




Bahasa sebagai alat pencari kerja

Selai sebagai jati diri, bahasa juga merupakan modal utama dalam mencari kerja karena. Bahasa mencerminkan tingkat intelektualitas dan kepribadian seseorang. Dengan memiliki kemampuan bahasa yang baik akan membuat cara berfikir dan cara pandang menjadi lebih baik. Orang yang dapat menguasai bahas secara tepat, efektif, serta jelas tentu saja akan mampu berkomunikasi secara baik dan benar.

Penguasaan bahasa  yang baik sangat menentukan untuk mendapatkan kesempatan kerja. Sebagai Kesan pertama dan juga penting yang didapatkan oleh para penyaring calon pekerja yaitu bisa  melaui lamaran tertulis dan wawancara dengan pencari kerja tersebut. Wawancara menjadi bagian terpenting dalam mendapatkan pekerjaan, pada intinya tujuan wawancara adalah untuk mendapatkan informasi dari pelamar apakah lowongan yang ada mampu ia laksanakan atau tidak.

Selain menguasi bahasa lisan dan tulisan, bahasa tubuh juga berpengaruh bagi pelamar kerja. Pada dasarnya bahasa tubuh itu merupakan hal-hal yang sering kita lakukan seperti cara duduk, berdiri, menggunakan kedua tangan dan lainya. Contohnya, saat kita gelisah semuanya menggambarkan yang kita rasakan dan bahasa tubuh juga dilakukan secara tidak sadar, kita melakukannya tanpa berfikir yang berarti bahas tubuh jarang berbohong.

Oleh karena itu jika ingin mendapat kesempatan bekerja, kita harus memiliki modal utama yaitu Bahasa.

            

Tidak ada komentar: