Senin, 10 Desember 2012

Manfaat Tidur yang CUkup

Tidur adalah suatu proses yang sangat penting bagi manusia, karena ketika tidur terjadi berbagai hal yang menakjubkan. Ada beberapa manfaat dan kegunaan dari tidur yang cukup ini: 

1) Tidur yang cukup akan meningkatkan daya konsentrasi. Bila anda cukup tidur, tubuh akan terasa bugar, memori di otak pun akan lebih cepat diakses. Kemudahan akses data dan informasi dari memori otak akan meningkat kan daya konsentrasi. 

2) Tidur cukup akan meningkatkan Sistem kekebalan tubuh. Ketika tidur sel tubuh diregenerasi. Terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu selama tidur, sebagai agen tertentu yang memerangi penyakit. Pembunuh kanker yang disebut TNF (tumour necrosis factor) juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah yang menyebabkan tidur yang cukup dapat membantu melawan infeksi.  

3) Tidur yang Cukup akan memulihkan jaringan Otot. Dengan tidur otot akan menjadi rileks dan berisitrahat dari tugasnya. Proses pemulihan jaringan dapat berlangsung lebih cepat. Tubuh yang tadinya mengalami kelelahan akan menjadi segar kembali. 

4) Tidur yang cukup akan mempercantik kulit. Selama tidur sel tubuh diregenerasi. Metabolisme kulit dipercepat dan banyak sel-sel tubuh menunjukkan peningkatan produksi dan mengurangi kerusakan protein. Inilah yang menyebabkan tidur malam yang cukup dapat mempercantik kulit. 

5) Tidur yang Cukup akan menurunkan tekanan darah. Ketika tidur aktivitas berkurang dan pikiran terasa lebih tenang sehingga tekanan darah akan menurun. 

6) Tidur yang cukup dapat meningkatkan gairah seks. Ketika anda kurang tidur, otak anda akan memikirkan untuk bertemu dengan bantal daripada bertemu dengan istri anda. Tetapi ketika tidur anda cukup, anda akan memikirkan istri anda terlebih dahulu baru memikirkan bantal.

Tidak ada komentar: