Jumat, 25 Maret 2016

Manajemen Layanan SI

Dekripsi Manajemen
  1.  Manajemen menurut James A.F. Stoner adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership) dan pengawasan (mengendalikan /controlling) kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
  2.  Manajemen menurut Peter Drucker adalah proses yang dilakukan oleh suatu individu atau lebih individu untuk mengkoordinasiakan berbagai aktivitas lain untuk mencapai hasil –hasil yang tak bisa dicapai apabila satu individu bertindak sendiri.

Fungsi POAC :
1.   Planning
proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja dalam sebuah organisasi.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam fungsi ini :
·      Specific, yaitu berarti sebuah perencanaan harus jelas apa maksut dan tujuanya beserta ruang lingkupnya.
·      Measurable, yaitu suatu tingkat keberhasilan yang harus dapat diukur dari program kerja dan rencana yang dibuat.
·      Achievable, yaitu sesuatu tersebut bisa tercapai dan diwujudkan, bukan hanya sekedar fiktif dan khayalan belaka.
·      Realistic, yaitu sesuatu yang sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada, harus seimbang tetapi tetap ada tantangan didalamnya.
·      Time, yaitu ada batas waktu yang jelas, sehingga bisa dinilai dan dievaluasi.
2.   Organizing
proses kegiatan dalam menyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber dan lingkungannya. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas. 
3.   Actuating
Actuating adalah peran manajer untuk mengarahkan pekerja yang sesuai dengan tujuan organisasi. Actuating membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi kenyataan
4.   Controling
proses pengamatan, penentuan standar yang akan diwujudkan, menilai kinerja pelaksanaan, dan jika diperlukan mengambil tindakan korektif, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan semaksimal mngkin dalam mencapai tujuan perusahaan



Proses manajemen henry fayol

1)  Planning = Perencanaan tujuan organisasi serta strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan terbagi menjadi perencanaan strategi dan perencanaan operasional.
2) Organizing = Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan
3) Commanding = Fungsi commanding sama dengan mengarahkan (actuating). Commanding dilakukan dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka masing-masing.
4) Coordinating = Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi
5) Controlling = Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.



Manager Role "Mintz Berg"

Category
Role
Activity
Informational
Monitor
peranan yang mengharuskan seorang manajer untuk menjadi pencari, penerima dan pengumpul informasi agar supaya mampu mengembangakan pengertian yang baik dari organisasi yang dipimpinnya.
Disseminator
peran yagn menempatkan manajer sebagai penyebar informasi ke seluruh jajaran organisasi yang menjadi tanggung jawabnya. Ini dimungkinkan karena ia memiliki akses pada semua informasi melalui peran monitornya.
Spokesperson
peran manajer untuk mewakili organisasi utnuk menyampaikan informasi ke luar lingkungan organisasinya.
Interpersonal
Figurehead
peranan untuk mewakili organisasi yangdipimpinnya dalam setiap kesempatan dan persoalan yang timbul secara formal.
Leader
peranan untuk menjadikan unit organisasinya berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam mencapai tujuan dimana manajer perlu mengarahkan, memotivasi, dan menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk bekerja bagi pengikutnya.
Liaison
peranan yang mengharuskan manajer melakukan interaksi dengan teman sejawat, staf, dan orang – orang lain yang berada di luar organisasinya untuk mendapatkan informasi.
Decisional
Entrepreneur
peran sebagai pemrakarsa dan perancang bagi sejumlah perubahan yang terkendali dalam organisasinya
Disturbance Handler
peran yang membawa manajer untuk bertanggung jawab ketika organisasinya mengalami krisis yang seringkali tidak direncanakan sebelumnya
Resource Allocator
peran manajer sebagai penentu di dalam mengalokasi sebagai sumber daya, seperti keuangan/dana untuk kegiatan tertentu di dalam organisasi
Negotiator
peran yang menempatkan manajer sebagai perunding (negotiator) baik dengan pihak – pohak dalam lingkungan organisasi maupun pihak luar guna pemecahan bagi masalah – masalah yang dihadapi organisasi

Teori organisasi Klasik

Menurut Henry Fayol Teori organisasi klasik mengklasifikasikan tugas manajemen yang terdiri atas :
1.   Technical ; kegiatan memproduksi produk dan mengorganisirnya.
2.   Commercial ; kegiatan membeli bahan dan menjual produk.
3.   Financial ; kegiatan pembelanjaan.
4.   Security ; kegiatan menjaga keamanan.
5.   Accountancy ; kegiatan akuntansi
6.   Managerial ; melaksanakan fungsi manajemen, yang terdiri atas :   
     · Planning ; kegiatan perencanaan
          · Organizing ; kegiatan mengorganisasikan    
          · Coordinating ; kegiatan pengkoordinasian
          · Commanding ; kegiatan pengarahan
          · Controlling ; kegiatan pengawasan

Karekteristik-karekteristik birokrasi menurut Max Weber:
          · Pembagian kerja
          · Hirarki wewenang
          · Program  rasional
          · Sistem Prosedur
          · Sistem Aturan hak kewajiban
          · Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal



Sumber :





Tidak ada komentar: