Dekripsi Manajemen
- Manajemen menurut James A.F. Stoner adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership) dan pengawasan (mengendalikan /controlling) kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
- Manajemen menurut Peter Drucker adalah proses yang dilakukan oleh suatu individu atau lebih individu untuk mengkoordinasiakan berbagai aktivitas lain untuk mencapai hasil –hasil yang tak bisa dicapai apabila satu individu bertindak sendiri.
Fungsi
POAC :
1. Planning
proses mendefinisikan tujuan organisasi,
membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas
kerja dalam sebuah organisasi.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan
dalam fungsi ini :
·
Specific, yaitu berarti sebuah perencanaan harus
jelas apa maksut dan tujuanya beserta ruang lingkupnya.
·
Measurable, yaitu suatu tingkat keberhasilan
yang harus dapat diukur dari program kerja dan rencana yang dibuat.
·
Achievable, yaitu sesuatu tersebut bisa tercapai
dan diwujudkan, bukan hanya sekedar fiktif dan khayalan belaka.
·
Realistic, yaitu sesuatu yang sesuai dengan
kemampuan dan sumber daya yang ada, harus seimbang tetapi tetap ada tantangan
didalamnya.
·
Time, yaitu ada batas waktu yang jelas, sehingga
bisa dinilai dan dievaluasi.
2. Organizing
proses kegiatan
dalam menyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber
dan lingkungannya. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi
pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang
memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.
3. Actuating
Actuating adalah
peran manajer untuk mengarahkan pekerja yang sesuai dengan tujuan organisasi. Actuating
membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa
tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah
menjadi kenyataan
4. Controling
proses pengamatan,
penentuan standar yang akan diwujudkan, menilai kinerja pelaksanaan, dan jika
diperlukan mengambil tindakan korektif, sehingga pelaksanaan dapat berjalan
dengan semaksimal mngkin dalam mencapai tujuan perusahaan
Proses manajemen henry fayol
1) Planning = Perencanaan tujuan organisasi serta strategi untuk mencapai tujuan
tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan terbagi menjadi
perencanaan strategi dan perencanaan operasional.
2) Organizing = Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan
3) Commanding = Fungsi commanding sama dengan mengarahkan (actuating). Commanding dilakukan dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka masing-masing.
4) Coordinating = Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi
5) Controlling = Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.
Manager Role "Mintz Berg"
2) Organizing = Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan
3) Commanding = Fungsi commanding sama dengan mengarahkan (actuating). Commanding dilakukan dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka masing-masing.
4) Coordinating = Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi
5) Controlling = Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.
Manager Role "Mintz Berg"
Category
|
Role
|
Activity
|
Informational
|
Monitor
|
peranan
yang mengharuskan seorang manajer untuk menjadi pencari, penerima dan pengumpul
informasi agar supaya mampu mengembangakan pengertian yang baik dari
organisasi yang dipimpinnya.
|
Disseminator
|
peran
yagn menempatkan manajer sebagai penyebar informasi ke seluruh jajaran
organisasi yang menjadi tanggung jawabnya. Ini dimungkinkan karena ia
memiliki akses pada semua informasi melalui peran monitornya.
|
|
Spokesperson
|
peran
manajer untuk mewakili organisasi utnuk menyampaikan informasi ke luar
lingkungan organisasinya.
|
|
Interpersonal
|
Figurehead
|
peranan
untuk mewakili organisasi yangdipimpinnya dalam setiap kesempatan dan
persoalan yang timbul secara formal.
|
Leader
|
peranan
untuk menjadikan unit organisasinya berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam
mencapai tujuan dimana manajer perlu mengarahkan, memotivasi, dan menciptakan
kondisi yang memungkinkan untuk bekerja bagi pengikutnya.
|
|
Liaison
|
peranan
yang mengharuskan manajer melakukan interaksi dengan teman sejawat, staf, dan
orang – orang lain yang berada di luar organisasinya untuk mendapatkan informasi.
|
|
Decisional
|
Entrepreneur
|
peran
sebagai pemrakarsa dan perancang bagi sejumlah perubahan yang terkendali
dalam organisasinya
|
Disturbance Handler
|
peran
yang membawa manajer untuk bertanggung jawab ketika organisasinya mengalami krisis
yang seringkali tidak direncanakan sebelumnya
|
|
Resource Allocator
|
peran
manajer sebagai penentu di dalam mengalokasi sebagai sumber daya, seperti
keuangan/dana untuk kegiatan tertentu di dalam organisasi
|
|
Negotiator
|
peran
yang menempatkan manajer sebagai perunding (negotiator) baik dengan pihak –
pohak dalam lingkungan organisasi maupun pihak luar guna pemecahan bagi
masalah – masalah yang dihadapi organisasi
|
Teori organisasi Klasik
Menurut Henry Fayol Teori organisasi klasik
mengklasifikasikan tugas manajemen yang terdiri atas :
1. Technical
; kegiatan memproduksi produk dan mengorganisirnya.
2. Commercial
; kegiatan membeli bahan dan menjual produk.
3. Financial
; kegiatan pembelanjaan.
4. Security
; kegiatan menjaga keamanan.
5. Accountancy
; kegiatan akuntansi
6. Managerial
; melaksanakan fungsi manajemen, yang terdiri atas :
· Planning ; kegiatan perencanaan
· Organizing ; kegiatan mengorganisasikan
· Coordinating ; kegiatan pengkoordinasian
· Commanding ; kegiatan pengarahan
· Controlling ; kegiatan pengawasan
Karekteristik-karekteristik birokrasi menurut Max
Weber:
· Pembagian
kerja
· Hirarki
wewenang
· Program rasional
· Sistem
Prosedur
· Sistem
Aturan hak kewajiban
· Hubungan
antar pribadi yang bersifat impersonal
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar